twitter
    Catatan Pengguna dan Pengedar Soda Kaleng

Taraweh Pertama

Ini bukan pertama kalinya aku memulai puasa jauh dari rumah. Emang sih rasanya lebih enak kalo puasa itu di rumah. Bisa nyicipin masakan mama yg enak2 entah itu siang ataupun malam(nah lo! Ketauan ga puasa.hhuahaha). 

Kalo dirumah ga perlu  repot2 pasang alarm buat bangun ataupun sengaja begadang di kontrakan nemenin tukang ronda di depan supaya ga telat sahur. Dan juga kalo udah mau buka, ga repot2 lagi bingung nyari buat buka puasa yg ujung2nya malah cuma buka puasa pake air putih doang.

Untungnya aku belakangan lagi ketagihan insomnia, jadi ga perlu repot2 pasang alarm dan ngecek tukang ronda lagi pada begadang atau ga. Yah, namanya juga puasa pertama, jadi harus disiapkan dengan matang dan semoga bakalan sukses puasanya tanpa ada hambatan.


[12 jam sebelum taraweh pertama..]


Daripada siang2 nonton tipi yg masih pada ngeributin,
hilal belum terlihat”, 
hilal hampir terlihat”,
 “hilal sudah terlihat”,
hilal belom pulang2”,
 “hilal lagi ke pasar”, mending berenang bareng Pria, Dito,Hamdi.
Lumayan puas2 bikin dosa di kolam renang sebelum besoknya puasa. Hhuahahaha. (Apaan? Bingung? Bilang aja sirik!)

Jadinya setelah puas2in berenang sambil cuci mata (ya namanya juga di kolam renang, sayang kan kalo ga sekalian nyuci mata, baju dan motor ) aku bareng Pria dan Dito ngerencanain buat sholat taraweh perdana ntar barengan. Yok, setuju lah aku.

Abis maghriban gitu, dengan baju koko ijo dan me** pr*-motornya-lelaki (ga usah lah di sebut mereknya, ga enak) dan parfum wangi yg dipake semena2, aku langsung tancap gas menuju kontrakan anak2.  Sampe disana, tu kontrakan dari luar sepi. Dalam hati, hmm pasti lagi siap2 pada mau berangkat taraweh. Tapi pas buka pintu bukannya ada salam atau sambutan ketua RT atau apalah gitu dari penghuni setempat, eehh ini malah yg kedengeran, ”ggooollll...!!!”, sementara yg satunya “waahhh aasssuuuuw...!!!”, yg satunya lagi,”.....”(lagi smsan dia). Buajiiguurr di luar udah adzan malah masih maen PS, gilaa. Udah datang cakep2 gini juga.

Akhirnya kita berempat bareng dito, pria dan gigih pergi ke mesjid terdekat. 
Abis sholat isya’,
wah ini dia taraweh pertama, harus ngikutin sampe abis! (biasa baru 8 rakaat atau kurang udah kabur duluan). Semangat ini sudah tak terbendung kan lagi. Hasrat ini pun tak kan goyah oleh rumput yg bergoyang. Aku harus sholat taraweh. Demi mendapatkan pahala untuk menutupi dosa yg udah ga bisa di tampung lagi baik itu di penampungan sementara ataupun pembuangan akhir.

Biasa kalo di taraweh pertama, sebelum sholat taraweh di mulai, bakal ada sedikit ceramah dari imam. Dan emang begitu setiap kali ramadhan. Alasannya gausah tanya. Aku juga ga ngerti kenapa.

Ceramah pun di mulai dengan "Assalamualaikum". Aku siap mendengarkan. Pasang telinga. Pasang mata. Pasang payung sebelum hujan. Semua sudah siap kulakukan. Mudah2an dengan mendengar ceramah ini ada sedikit pencerahan buat makhluk imut yg sebenernya ga dosa2 amat ini. :D

Imam pun memulai ceramah. Aku agak kesulitan mencerna apa yg imam bicarakan. Tes..tes..satu dua. Kayaknya telinga ku oke2 aja kok. Supaya lebih memastikan, aku pengen ngetes ke telinga orang sebelah. "Tes.."
Ga jadi. Ku simpen niatku dalam hati karena takut dengan mukanya yg serem dan rambutnya yg belah tengah. (emang ada yg salah sama rambut belah tengah?).

Hmm, aku mulai curiga dengan otakku yg kayaknya lagi kumat loadingnya. Aku udah ga bisa lagi mencerna apa yg telah aku dengar. Apa karena tadi aku seluncuran di waterboomnya pake gaya ngangkang sambil ngupil? Hhmm, Aku resah. Aku gundah.

Aku mulai memfokuskan diri dengan ceramah yg disampaikan. Aku coba menerjemahkan setiap kata yg disampaikan sambil berpikir, ada ga ya di dalam  kamus INGGRIS-INDONESIA & INDONESIA-NGAPAK?. Ternyata emang ga ada. Setelah coba di dengarkan lagi. Lagi. Sekali lagi. Owh yeah, sekali lagi.. 

BUAJIIGGUURRR(nya satu bang!).
Ternyata dari tadi ceramah pake bahasa jawa toh!  Geblek! Pantes aja ga ngerti2. Hadooh. Ckck. Baru pertama kali sholat di jogja ketemu sama mesjid yg ceramahnya pake bahasa jawa. Tapi dari pada malu sama orang2 sekitar, jadi terpaksa manggut2 yg sok ngerti gitu,”hhmm.. iya..iya..Oouu..hmmm”. 
Tapi Dito yg orang Jogja asli ga tinggal diem, “Khai, kamu ngerti  yg dibicarain imamnya?”. Ya sudah, mau diapain lagi, nasi udah jadi bubur, tambah ayam suwir sama sate usus (nyam). Dan dengan suksesnya aku menjawab,”GAK”.

Hhmm.. sudahlah. Sambil nunggu waktu yg pas buat sahur, mending nonton tipi dulu. 

Semoga sebulan penuh bisa puasa lancaarrr. Amiin.

0 comments:

Followers