twitter
    Catatan Pengguna dan Pengedar Soda Kaleng

Perkenalkan, Aku bukan anak hilang

Biasa aku di panggil Khai.
Entah kenapa dipanggil begitu dengan alasan yg ga wajar agar menyingkat nama yang sebenernya juga tidak terlalu panjang.  Aku masih berstatus mahasiswa aktif yg kuliah di jogja. Entah itu aktif dalam hal titip absen ataupun dititipkan absen.

Aku anak kedua dari tiga bersaudara. Anak tengah? Yup. Emang banyak orang yang bilang kalo anak tengah tu badung, nakal,egois, dan tampan. Ada yg
salah sama sifat yg terakhir?? sepertinya nggak. yah, bagi aku ga papa sih, asalkan jangan di bilang anak ilang aja.

Oya, ngomong2 soal anak ilang, aku dulu emang pernah ilang. (EHEMP, ga ada yg salah kan sama anak ilang??) Oke, kita lanjutin, wkt masih kecil, ga tau kira2 umur berapa, sekeluarga tuh pada mudik datengin nenek di kampuang nan jauh di mato. Setelah sehari semalem mengarungi sungai terbesar di Indonesia, akhirnya sampe juga. Di kampung bukan cuma nenekku yg tinggal di sana, tapi juga ada kakek gendut dari saudara nenekku. Kenapa di panggil kakek gendut, karena emang dari sononya udah gendut.

 Aku yg baru aja nyampe di rumah nenek, dengan cengar cengir dan wajah sok tau, langsung dengan gagah berani mendatangi  nenek dan bilang mau ke rumah kakek gendut. Karena loadingnya nenek lambat untuk mengerti ucapan bocah ingusan, aku langsung melangkahkan kaki dan mengucap ‘daah’. Nenek bengong. Ayam tetangga pun bengong. Tapi tanpa pandang bulu ayam, akupun pergi.

Aku berjalan dengan hidung meler dan wajah sok kota karena sedang berada di desa, tapi kalo di kota yaa wajahku jadi sok ndeso . Lihat kanan kiri depan belakang, tidak ada tanda2 rumah kakek gendut. Hhmm, pasti masih jauh. Yah namanya juga masih bocah, ga tau jarak deket ma jauh, hantam lurus.

Matahari udah di atas kepala, tapi rumah kakek juga belum keliatan. Tapi tetep, dengan semangat dari d’masiv, jangan menyerah jangan menyerah jangan menyeraah syukuri apa yg adaaaa..(EHEMP, kita lanjut) jarak sejauh apa pun tetap di tempuh demi memenuhi hasrat kangen dengan motor jet koletnya kakek gendut(lho?).

Sepanjang jalan banyak orang2 di kampung yang ngeliat dengan heran, ini saya yg belom pernah liat ni anak atau ni anak yg belom pernah liat saya(tau ah. Ribet).  Mereka mungkin heran aja dengan kehadiranku yg tiba2 dengan ingus meler yg nempel di hidung sepanjang  jalan cengar cengir kayak org linglung. Tak sedikit dari mereka yg ngeliatin dan aku liatin balik. Melototin dan aku pelototin balik. Setelah pelotot2an, akhirnya kepala sempet puyeng juga di jalan.

Aku ke kampung bukan cuma sekali. Terbukti dengan ke-soktahu-an ku dengan rumah kakek gendut dan  ingatan ku yg jelas dengan pemakaman alm.kakekku(suami nenekku) yg baru aja aku lewatin.

HAH??! PEMAKAMAN??.
Sumpah, dulu aku paling merengek2 kalo udah di suruh ziarah dengan alasan jaraknya jauh dari rumah nenek. Oh s**t..!!(ah, apaan sih sensor2 seenaknya aja. Klimaksnya lg dapet ni). Pemakaman ni udah kelewat jauh dengan rumah kakek gendut. Asem. Mau balik takut. Yaudah jalan aja terus. Berharap rumah kakek gendut udah pindah di setelahnya pemakaman. Tapi tidak hanya anak kecil, anak besar pun juga tau kalo hal itu ga mungkin.

Tanpa sok2 bawa peta kayak Dora The Explorer, kakiku lempeng aja jalan ngikutin jalan yg ga ada belok2nya, luruussss aja. Mataku kayaknya udah mulai ngeluarin air mata.  Dalam hati aku terus meyakinkan diri sendiri, aku ga di buang..aku ga di buang..orang tuaku msh sayang sama aku!.

Mmaaaakkk, dosa apa aku sampe tersesat gini?? Apa karena tadi aku lupa salim sama nenek sebelum pergi? Apa karena aku tadi ga tegur sapa dulu sama ayam tetangga??? Hikz! 

Penduduk kampung udah mulai memperhatikan tiap2 langkahku. Dan wajah mereka udah seperti babi kelaperan. Aku Cuma bisa nunduk ke arah aspal jalan yg mulai panas dan ga berani noleh kemana2.  Sampai ketika aku dikejutkan oleh kaki yang berhenti mendadak di depanku. Aku liat ke arah yg punya kaki. Serem. Ga jadi. Aku liat kakinya lagi. Semenjak itu semua warga mulai mengerumuni aku yg saat itu sudah hampir mewek(nangis? Ya ga lah).

Kayak di acara gosip SILuET, aku adalah artis yang dikerumuni wartawan dengan tema Anak Hilang. Terus Peny Ross dengan anggunnya berkata, Apakah anak ini sedang tersesat? Benarkah anak ini anak hilang dan bukannya anak ngawur? Kenapa tukang es ikut2an menghampirinya? Dan mengapa tukang es tidak tau kalau ada anak lain yg sedang asik menikmati es jualannya secara diam2??? Mengapaa??? Mengapaaaaa?????.

Cukup. Lanjut lagi.

Orang pertama bertanya,”kamu siapa? Kamu bukan anak sini kan?”
Dilanjutkan dengan orang kedua,”orang tuamu dimana? kamu datang darimana?”
Kemudian orang ketiga,”kamu di buang org tuamu atau km yg membuang org tuamu??”
Disambung orang keempat,”nomer telpon kamu berapa?”
Lalu orang keenam bertanya,”kamu lagi apaa? Sudah maem belom?”

Orang ketujuh bertanya,.. ah tau ah, orang keberapa lagi yg nanya. 
Pokoknya banyak orang disitu dan terus2an ngoceh dengan bahasa daerah sana. Aku ga ngerti.

Sampai aku mendengar salah satu orang yg ada di sana memberi usulan dengan bahasa Indonesia dengan EYD (Ejaan Yang Dimengerti) berteriak santai,”Udaah, kita jual aja anak ini.”

Sumpah! Aku shock disitu. Lutut udah gemeteran. Beneran kali ini udah mau nangis. Begitu tragisnya kah nasibku ini sebagai anak tengah??  Mmaaaaaakkkkk, jgn campakkan akuuuuu....!! 
Apalagi di tambah dengan celotehan orang lain atau orang gila,aku jg ga ngerti,
bilang,”wah, iya nih. Bisa laku mahal kalo di jual”.
Terus juga ada yg bilang,”ayo sini ikut aku aja. Lumayan bantu2 dirumah”.
Ffaaakk! Aku bukan jongos euy!

Di tengah kegaduhan dan kegundahan yg ada, tiba2 dari arah belakang kerumunan ada bunyi klakson yg seketika itu juga membubarkan kerumunan. Dengan gagah berani layaknya seorang pahlawan dengan sarung dan motor warna merah putihnya yg sadis, menatap kearahku dan berkata,”ayo, sini pulang”. 
Kakek ku akhirnya menjemput. Semua penduduk pun segan dan langsung cengar cengir ga jelas(mampus lo!).
Kakek gendut dengan tegasnya berkata,”ini cucu ku” dan alhasil semua warga pun pada balik ke rumah masing2 dengan tampang orang kalah judi.

Dan setelah itupun hepi ending. Aku pulang dengan di bonceng motor jet kolet kesayangannya. Aku senang dan memeluk kakekku dengan erat dari belakang. Semanis akhir cerita teletubbies.

Tapi hepi ending berhenti sampai disitu saat kakekku bilang,”siap2 cu, sampai di rumah kamu bakalan di marahin sama orang tuamu”.

Dalam hati aku pengen terus terang sama kakek, “kek, aku balik ketempat tadi aja yah”.
Hehe. Tapi sekarang udah jauuh banget kejadian itu. Dan itu ga akan pernah aku lupain. Karena dengan mengingat cerita ini, aku akan terus bisa mengingat Kakek gendut (alm). Damai di sana ya kek. Pahlawanku.

0 comments:

Followers